Tujuan diberikan terapi diet pada penderita sle

SLE (Sistemik Lupus Eritematosus)

Sedangkan kebutuhan kalsium perhari rata-rata mg. Palpebra Kelainan palpebra inferior dapat merupakan bagian dari erupsi kulit yang tak jarang mengenai pipi dan hidung.

Hal ini direspon sebagai benda asing oleh tubuh sehingga tubuh membentuk kompleks antibodi antinuclear ANA untuk menyaring benda asing tersebut. Lebih lanjut, SLE merupakan penyakit yang tidak tetap dan pada kebanyakan pasien terjadi fluktuasi selama perjalanan penyakit Dipiro et al.

Gejala-gejalanya biasanya menghilang setelah pemakaian obat dihentikan Herfindal et al.

Data dari Yayasan Lupus Indonesia mencatat, di Indonesia terdapat Dengan menekan risiko timbulnya diabetes mellitus pada hipertensi, maka jumlah penyakit kardiovaskular dapat ditekan.

Untuk pemantauan efek samping diperlukan pemeriksaan darah lengkap, tes fungsi ginjal dan hepar pada penderita dengan efek samping gastrointestinal, pemberian asam folat 5mg tiap minggu akan mengurangi efek tersebut.

Anoreksia adalah hilangnya atau berkurangnya nafsu makan yang merupakan faktor utama dalam terjadinya kaheksia pada kanker. Merupakan golongan obat hipertensi dengan proses pengeluaran cairan tubuh via urine.

Jenis lupus ini disebabkan oleh reaksi terhadap obat resep tertentu dan menyebabkan gejala sangat mirip lupus sistemik. Makanan atau minuman diberikan dengan suhu dingin b. Mual dan Munatah Rasa mual dan muntah pada pendrita kanker dapat disebabkan karena efek samping pengobatan.

Cara mengatasi beberapa masalah makan secara peroral: Tipe Hiperlipidemia 1. Kortikosteroid Penderita dengan manifestasi klinis yang serius dan tidak memberikan respon terhadap penggunaan obat lain seperti NSAID atau antimalaria diberikan terapi kortikosteroid.

MAKALAH DIET PADA PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Peningkatan pengeluaran energy Tujuan Diet Penyakit Kanker adalah untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal dengan cara: Oleh karena itu dilakukan monitoring secara rutin terhadap WBC, hematokrit, dan platelet count.

Prinsip Diet Terapi gizi bagi pasien —pasien gagal jantung kongestif decompensasi jantung harus berfokos pada keseimbangan status cairan dan elektrolit: Protein sangat diperlukan untuk perbaikan jaringan yang sehat di sekitar tumor. Jumlah yang tinggi merupakan spesifik untuk SLE sedangkan kadar rendah sampai sedang dapat ditemukan pada penderita dengan penyakit reumatik yang lain, hepatitis kronik, infeksi mononukleosis, dan sirosis bilier.

Walaupun tanda-tanda tertentu mungkin lebih sering terjadi daripada yang lain, setiap pasien memberikan tanda-tanda yang berbeda dan perjalanan penyakit tidak dapat diprediksi.

Pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan kegagalan ovarian pada wanita yang produktif dan penurunan produksi sperma Herfindal et al. Tujuan pengobatan adalah untuk menghindari faktor resiko, seperti merokok, dan obesitas, serta mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Terapi kortikosteroid dan didasari dari penyakit ginjal dapat memberikan kontribusi beberapa faktor dalam pengembangan faktor risiko penyakit jantung Dipiro et al. Pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan kegagalan ovarian pada wanita yang produktif dan penurunan produksi sperma Herfindal et al.

Jika gejala lupus disebabkan oleh penggunaan suatu obat, penghentian obat akan menyembuhkan lupus, walaupun penyembuhan dapat memakan waktu berbulan-bulan. Gangguan asupan makanan dan gangguan gizi karena: Yang perlu diperhatikan adalah dosis optimal, interval pemberian, rute pemberian, durasi pulse therapy, kecepatan kambuh, dan durasi remisi penyakit.

SLE dikenal juga dengan penyakit wajah karena gejala awal penyakit ini tidak spesifik, sehingga pada awalnya penyakit ini sangat sulit didiagnosa.

Pengobatan mual dan muntah dapat dilakukan dengan cara pemberian obat antiemetik. Hidangkan makanan yang sebaik-bainya dan menarik sehingga menimbulkan selera makan 3.

Ulkus oral dapat mengenai mukosa pipi atau palatum durum. Konjungtiva Sindroma mata kering konjungtivitis Sicca dan konjungtivitis nonspesifik umum terjadi pada SLE namun jarang membahayakan penglihatan.

Walaupun telah menjalani HD rutin, diit tetap diperlukan untuk mempertahankan status gizi dan menjaga agar kenaikan hasil sisa metabolisme tidak terlalu tinggi pada HD berikutnya Perbedaan Diet ini dengan Makananan Biasa 1.

Sebaiknya, makan yang yang banyak saat napsu makan paling baik. Diberikan dalam bentuk makanan biasa Rendah garam menurut hipertensi atau Oedema yang menyertai penyakit diet jantung IV rendah garam Makanan ini cukup kalori dan zat Gizi lain.

Askep Pada Pasien dengan Autoimun, Lupus (LES)

Makanan yang sangat asin, keras, dan menimbulkan ras serat pun harus dihindari. Meskipun bangsa Afrika yang hidup di Amerika mempunyai prevalensi yang tinggi terhadap SLE, penyakit ini ternyata sangat jarang ditemukan pada orang kulit hitam yang hidup di Afrika.

Akibat SLE murni: Konsep Dasar Penyakit lupus termasuk penyakit autoimun, artinya tubuh menghasilkan antibodi yang sebenarnya untuk melenyapkan kuman atau sel kanker yang ada di tubuh, tetapi dalam keadaan autoimun, antibodi tersebut ternyata merusak organ tubuh sendiri.Tujuan dari pengobatan SLE adalah untuk mengurangi gejala penyakit, mencegah terjadinya inflamasi dan kerusakan jaringan, memperbaiki kualitas hidup pasien, memperpanjang ketahanan pasien, memonitor manifestasi penyakit, menghindari penyebaran penyakit, serta memberikan edukasi kepada pasien tentang manifestasi dan efek samping dari terapi obat yang diberikan.

Karena banyaknya. · Penderita SLE membutuhkan pengobatan dan perawatan yang tepat dan benar. Pengobatan yang diberikan harus rasional, yakni memenuhi kriteria 4T 1W (Tepat Indikasi, Tepat Dosis dan Cara Pengunaan, Tepat Pasien, Tepat Obat).

Penderita SLE umumnya menerima kortikosteroid dosis tinggi selama 3 sampai 6 hari (pulse therapy) untuk mempercepat respon terhadap terapi dan menurunkan potensi efek samping yang timbul pada pemakaian jangka panjang.

Diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulatis akut, obs tipasispastik, penyumbatan sebagian saluran cerna,hemoroid berat, serta pada pra dan pasca bedah saluran cerna. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka pendek.

Bila diperlukan, disamping diet diberikan suplemen vitamin dan mineral dan atau. Penderita SLE umumnya menerima kortikosteroid dosis tinggi selama 3 sampai 6 hari (pulse therapy) untuk mempercepat respon terhadap terapi dan menurunkan potensi efek samping yang timbul pada pemakaian jangka panjang.

Yang sering digunakan adalah metil prednisolon dalam bentuk intravena (10–30 mg/kg BB lebih dari 30 menit). Terapi ini diikuti dengan pemberian prednison secara oral Author: Doni Ice.

Diberikan kepada penderita Jantung ringan atau, atau sebagai perpindahan dari diet jantung III. Diberikan dalam bentuk makanan biasa Rendah garam menurut hipertensi atau Oedema yang menyertai penyakit (diet jantung IV rendah garam) Makanan ini cukup kalori dan zat Gizi lain.

Tujuan diberikan terapi diet pada penderita sle
Rated 4/5 based on 93 review