Jurnal asuhan akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan

Dari pencapaian tersebut, masyarakat lebih memilih alat kontrasepasiyang sifatnya praktis dan efektifitas tinggi, seperti pil dan suntik Hantanto, Saifuddin, Cara mempergunakan pil KB kombinasi adalah sebagai berikut: Akomodasi, suatu usaha harus dilakukan untuk memahami ciri kepribadian pasien yang dapat mempengaruhi kepatuhan.

Juga sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi yang lain atau tidak melakukan hubungan seksual sampai telah menghsbiskan paket pil tersebut. Intelegensi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil dari proses belajar. Menurut Zuhri kurangnya pengetahuan menyebabkan kesadaran akan pentingnya beberapa kebiasaan menjadi berkurang.

Sedangkan subyek penelitian adalah ibu akseptor KB suntik. Akibatnya adalah endometrium tidak dapat dipertahankan lagi sehingga tidak siap menerima kehamilan.

Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari menurunnya angka fertilitas yang semula 5,6 per wanita pada tahun an, menjadi 2,6 anak wanita usia subur SDKI, Kontrasepsi hormonal seperti suntik memiliki daya kerja yang lama, tidak membutuhkan pemakaian setiap hari tetapi tetap efektif dan tingkat reversibilitasnya tinggi, artinya kembali kesuburan setelah pamakain berlangsung cepat FK UNPAD: Kejadian efek samping KB Pil: Saifuddin, c.

Latar Belakang Masalah Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang jumlah penduduknya cukup padat. Pil KB Kombinasi a. Ibu tidak haid atau ibu dengan perdarahan tidak teratur.

Perubahan model terapi, program pengobatan dapat dibuat sesederhana mungkin dan pasien terlibat aktif dalam pembuatan program tersebut.

Sarwono, P. Lingkungan memberikan pengaruh pertama bagi seseorang, dimana seseorang dapat mempelajari hal-hal yang baik dan juga hal-hal yang buruk tergantung pada sifat kelompoknya.

Bila muntah dan diare berlangsung sampai 2 hari atau lebih cara penggunaan pil mengikuti cara penggunaan pil lupa 9. Setiap saat hamil selama siklus haid, asal ibu tersebut tidak hamil b.

Pil KB disukai karena relatif mudah didapat dan digunakan, serta harganya murah Warta Medika, Beberapa paket pil mempunyai 28 pil yang lain 21 pil. Pendidikan pasien dapat meningkatkan kepatuhan sepanjang pendidikan tersebut merupakan pendidikan yang aktif, seperti penggunaan buku dan lain-lain.

Secara umum tujuan KB adalah mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera melalui kelahiran dan pertumbuhan penduduk Indonesia Sarwono, Salah satu usaha dalam program keluarga berencana adalah membatasi jumlah kelahiran dengan metode kontrasepsi.

Pengetahuan a. Pengetahuan seseorang biasanya diperoleh dari pengalaman yang berasal dari berbagai macam sumber misalnya media massa, elektronik, buku petunjuk, petugas kesehatan, poster, kerabat dekat dan sebagainya.

Seseorang memperoleh suatu kebudayaan dalam hubunganya dengan orang lain, karena hubungan ini seseorang mengalami suatu proses belajar dan memperoleh suatu pengetahuan. Saran yang dapat penulis sampaikan bagi akseptor KB untuk dapat memanfaatkan fasilitas serta sarana dan prasarana yang diberikan oleh petugas kesehatan dalam menurunkan angka fertilitas dan menjarangkan kelahiran bayi salah satunya adalah dengan rutin melakukan menggunakan KB suntik tanpa harus khawatir secara berlebihan terhadap efek samping yang dapat ditimbulkan dari alat kontrasepsi KB seperti KB suntik.

Obyek yang diteliti adalah berat badan ibu sebelum dan sesudah menggunakan KB suntik dengan pemakaian lebih dari 1 tahun. Responden mengkonsumsi secara teratur dan tepat waktu. Pengetahuan responden yang baik tentang KB pil menyebabkan mereka patuh dalam mengkonsumsi pil KB.

Tingkat intensitas yang terlalu tinggi atau rendah, akan membuat kepatuhan pasien berkurang. Kontrasepsi hormonal seperti suntik memiliki daya kerja yang lama, tidak membutuhkan pemakaian setiap hari tetapi tetap efektif dan tingkat reversibilitasnya tinggi.

Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Bisa terjadi muntah besar atau diare lebih dari 24 jam,maka bila keadaan memungkinkan dan tidak memperburuk keadaan pil dapat diteruskan 8. Keadaan ini disebabkan karena waktu untuk mendapatkan pengetahuan tentang KB pil lebih lama.

Hasil analisis ditemukan nilai probabilitas sebesar 0. Hal ini dikarenakan keteraturan pengkonsumsian menyebabkan hormon yang terkandung dalam pil KB bekerja dengan maksimal.Akseptor atau peserta KB baru, yaitu Pasangan Usia Subur yang pertama kali menggunakan kontrasepsi setelah mengalami kehamilan yang berakhir dengan keguguran atau persalinan.

b. Akseptor atau peserta KB lama, yaitu peserta yang masih menggunakan kontrasepsi tanpa diselingi lawsonforstatesenate.com: Aangcoy Khasiat pil sekuensial adalah menghambat ovulasi.

Dosis estrogen pada pil sekuensial lebih tinggi dari pada dosis estrogen pada pil kombinasi. Cara pemakaiannya sama dengan pil kombinasi. Berhubung tidak ada progerteron pada pil-pil pertama, Maka lupa minum pil ini dapat menimbulkam kehamilan.

ยท Selain itu penyuluhan pada akseptor KB pil tentang pentingnya melakukan keteraturan pengkonsumsian bisa dengan cara penyuluhan melalui posyandu. Dari uraian diatas peneliti tertarik untuk meneliti mengenai hubungan pengetahuan akseptor KB pil tentang pil KB dengan kepatuhan mengkonsumsi di BPS Ny.

Ely, dari 10 wanita tersebut 6 akseptor KB suntik 3 bulanan mengalami kenaikan berat badan. Tujuan dari Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan lama penggunaan KB suntik 3 bulan dengan kejadian kenaikan beratAuthor: Murniawati dan Sri Endang Wahyuningsih.

Diperolehnya gambaran tentang akseptor KB Pil yang mengalami perubahan Berat Badan. e. Diperolehnya gambaran tentang akseptor KB Pil yang mengalami Mual f. Diperolehnya gambaran tentang akseptor KB Pil yang mengalami Keputihan E.

Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi: 1. Puskesmas Kemiling Agar dapat dimanfaatkan sebagai asuhan dalam pembinaan akseptor KB.

Database connection failed!

Jurnal Ilmu Keperawatan Darmawati dan Zahra Fitri ISSN: 1 HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN PADA AKSEPTOR KONTRASEPSI HORMONALAuthor: Darmawati Darmawati.

Jurnal asuhan akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan
Rated 0/5 based on 43 review